Amalan doa agar padi tidak kena hama wereng

Mencari doa agar padi tidak kena wereng memang perlu bagi yang menanam padi dan para petani karena amalan supaya padi tidak terserang hama wereng memberikan kesan tersendiri sehingga timbul keyakinan yang tinggi mengenai hasil panen yang harapannya tentu saja akan melimpah, membawa berkah dan menjadi tumpuan hidup bagi para petani.

Ketika menghadapi musim panen adalah hal yang amat mendebarkan bagi kaum petani, segala jerih payah yang dilakukan mulai dari musim kemarau sampai memelihara tanaman di ladang atau sawah menjadi harapan satu-satunya agar mendapatkan hasil panen melimpah.

Namun kadangkala apa yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, ketika menjelang masa panen bisa saja datang hama wereng atau hama lainnya yang membuat tanaman padi gagal panen. Hal ini seperti musibah besar bagi para petani, oleh sebab itu besar harapan dari para petani agar tanaman mereka selamat sampai panen tidak terkena hama yang merusak tanaman padi.

 

Doa agar tidak gagal panen

Bisa saja kita berusaha semaksimal mungkin mencegah adanya hama yang mendatangi tanaman padi mulai dari cara-cara tradisional yang bisa dilakukan para  petani sampai pada cara modern dengan menggunakan obat atau bahan kimia untuk menghalau dan menghilangkan hama yang terlanjur menjangkiti tamanan padi.

Namun yang tidak kalah penting adalah adanya motivasi dalam diri kita agar tetap semangat dan tabah menghadapi segala cobaan yang datang terkait tanaman padi dan hasil panen yang nantinya dihadapi, apakah akan gagal panen atau akan panen besar, ini tentu selalu jadi misteri tersendiri.

Mengamalkan doa menjelang panen agar tidak gagal dan agar tanaman tidak dimakan hama wereng menjadi salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan para petani, sembari terus berupaya memelihara tanaman agar selamat sampai masa panen.

Rasulullah SAW sendiri secara jelas mengamalkan doa memohon agar Allah SWT memelihara tanaman padi disawah atau ladang yang sudah mulai menampakkan buahnya hingga akhir masa panen dari segala gangguan yang menyebabkan gagal panen. Inilah doanya:

اَللَّهُمَّ كَمَا أَرَيْتَنَا أَوَّلَهُ فَأَرِنَا آخِرَهُ

Allâhumma kamâ araitanâ awwalahû, fa arinâ âkhirahû

Artinya: “Tuhanku, perlihatkanlah kepada kami hasil akhir cocok tanam kami sebagaimana Engkau memperlihatkan hasil awalnya.”

 

Menerima apapun hasil panen dengan ikhlas

Segala usaha dan upaya yang dilakukan oleh para petani merupakan bagian dari perjuangan sampai memasuki masa panen tiba, namun kalau nantinya hal itu menjadi bertolak belakang saat ada hama mendatangi tanaman yang siap panen maka itu adalah sebuah musibah.

Menghadapi segala kenyataan dengan hati yang ikhlas akan membuat kita tetap dapat bersyukur dengan semua keadaan yang ada. Dan berusaha melakukan yang terbaik demi keluarga, orang yang disayang agar mereka tetap bahagia meskipun apa yang diharapkan tidak selalu menjadi kenyataan.