Cara Merawat Keris Semar Mesem Berkhodam agar Bisa Memanggil / Melihat Khodamnya

Cara merawat keris semar mesem berkhodam memang bukan perkara mudah, kadang orang terlalu ingin mendapatkan pusaka semar mesem asli dengan berbagai upaya, namun mereka tidak menyadari bahwa cara memanggil khodam keris semar mesem sampai pada cara melihat khodam semar mesem sehingga bisa menggunakan lewat bantal dengan amalan pelet memang tidak mudah, sehingga dari cara instan untuk memiliki ajian semar mesem ini memang terkesan buru-buru, bahkan ada orang yang rela membayar dengan nominal cukup tinggi namun tidak menyadari bahwa apa yang dia lakukan ternyata sia-sia saja sehingga orang tersebut mampu mengendalikan dan menjaga keris sakti itu supaya tetap ampuh dan kesaktian dari keris tersebut tidak hilang begitu saja. Pada dasarnya memang diperlukan perlakuan khusus sehingga apa yang orang sangka bahwa merawat bilah tua apalagi kalau itu adalah sebuah benda bertuah adalah mudah, nyatanya hal itu tidak semudah yang dibayangkan, apa yang orang lain pikirkan belum tentu sesuai dengan kenyataan bahwa merawat jimat yang kita miliki memang harus dengan hati dan perasaan.

Semua hal yang ada disekitar kita tentu saja memerlukan pemeliharaan dan perawatan yang mumpuni sehingga rasanya tidak ada kesan mudah dalam memiliki segala sesuatu, karena apa yang kita miliki adalah menjadi hak milik dan tanggung jawab kita juga. Semua manfaat dari apa yang kita punya dapat kita rasakan secara langsung, namun demikian ada hal yang tidak dapat dilupakan. Hal tersebut adalah perawatan dan resiko yang ada juga perlu kita pikirkan sehingga semua akan kembali pada keadaan sendiri bagaimana kita harus menyikapi hal itu dengan lebih baik, bagaimana seseorang mampu untuk mencari tahu lebih banyak mengenai apa yang dia rencanakan sehingga semua tidak akan berjalan dengan percuma. Dari apa yang kita rasakan tentu akan menjadi keadaan yang sama sekali tidak mudah kalau kita memikirkan hal itu dengan seksama karena semua itu akan membawa kita pada keadaan dimana orang mulai memikirkan keadaan selanjutnya yang mungkin terjadi dari semua hal tersebut, sehingga kita dapat memastikan sebuah keadaan yang tentunya akan menjadi kewajiban kita untuk menjadi lebih baik lagi pada akhirnya. Dari apa yang dilakukan sudah tentu akan menyebabkan keadaan menjadi kurang beruntung kalau kita terlalu ambisi dengan apa yang di inginkan, namun tidak menutup kemungkinan hal itu akan menjadikan semua kembali menjadi lebih baik lagi pada akhirnya.

Perawatan Keris Pusaka Pada Umumnya

Merawat barang lawas misalnya keris pusaka memang perlu perlakuan khusus, tidak seperti bilah yang kita gunakan sehari-hari. Perlu perlakukan khusus yang kadangkala orang memandangnya sebagai sebuah ritual sakral dimana orang akan melakukan sebuah cara khusus sehingga diperoleh keadaan yang akan menjadikan kita merasa lebih baik lagi dalam merawat benda tersebut, dan menjadikan apa yang dirasa perlu akan dapat dilakukan dengan seksama bagaimana kita menjalankan hal tersebut supaya menjadi lebih baik lagi pada akhirnya. Jangan sampai apa yang kita inginkan kemudian adalah sebuah keadaan dimana orang mulai mencari tahu lebih banyak mengenai hal tersebut dan memastikan apa yang dianggap perlu dilakukan akan dapat mendatangkan keadaan yang lebih baik lagi pada akhirnya.

Merawat keris pusaka termasuk keris semar mesem adalah dengan dimandikan air kembang pada waktu-waktu tertentu, dimaksudkan untuk menjaga unsur logam dari pusaka tersebut tetap terpelihara dan khodam yang ada dalam keris tetap aman yaitu dengan memberikan unsur kembang atau bunga tertentu.

Orang juga akan memberikan air jeruk nipis dengan cara jeruk yang dibelah kemudian dioleskan merata pada bagian pusaka dengan maksud supaya pamor logam tetap nampak dengan baik dan apabila ada kotoran berupa karat dan sebagainya dapat hilang hingga bersih kembali. Hal ini memang sulit dipahami dan kadang dikaitkan dengan hal yang berkaitan dengan mitos, bahkan ritual tertentu yang orang akan menentangnya. Namun demikianlah pada kenyataannya kita mewarisi petuah dan cara dari leluhur kita dari zaman dahulu.