Doa mengingatkan orang yang berhutang agar mau bayar

Urusan hutang piutang memang bukan perkara ringan, seringkali orang terjebak dalam masalah keuangan ini karena tidak hati-hati dalam mengendalikan masalah utang. Mungkin dengan doa mengingatkan orang yang berhutang agar mau membayar ini merupakan salah satu sarana agar orang yang meminjam uang kita mau mengembalikan karena bagaimanapun urusan hutang adalah wajib dilunasi. Bukan tidak mungkin, orang akan ragu dengan apa yang jadi tanggung jawabnya terkait masalah hutang padahal masih banyak hal lain yang tidak kalah penting dilaksanakan sehingga mampu membebaskan seseorang dari masalah hutang.

Ada banyak macam sarana pinjam meminjam yang kadang tidak kita sadari, segala hal yang nampak dalam hidup ini seringkali memberikan bekas tertentu sehingga orang tidak mudah melupakan urusan hutang, dan bagaimana orang tersebut bertindak kadangkala akan berpengaruh pada apa yang dilakukan dimasa selanjutnya.

Memang tidak mudah terbebas dari tanggungan  hutang apalagi kalau hutang tersebut sudah melilit seseorang dengan segala bunga yang tidak mudah dilunasi karena harus membayar dalam nominal yang tidak sedikit. Namun kalau orang cenderung mengingat apa yang menjadi tanggungannya maka bukan hal mustahil untuk terbebas dari hutang selama masih ada keinginan untuk melepaskan diri dari jeratan hutang.

Demikian pula bagi si penanggung hutang, kalau memang ada kesadaran untuk membayar hutang maka bukan hal mustahil untuk lepas dari tanggungan  tersebut sehingga apa yang ditakutkan mengenai masalah hutang segera dapat teratasi termasuk bagaimana melepaskan diri dari hutang yang menumpuk.

 

Isi doa agar orang mau bayar hutang

Kalau sudah terlanjur terbebani dengan masalah hutang maka bukan hal mudah untuk melepaskan diri dari keadaan hutang tersebut sehingga kita patut memahami bagaimana menagih hutang yang baik tanpa menyinggung orang lain. Demikian pula bagi yang berhutang bagaimana melunasi hutang tersebut agar tidak membebani seseorang yang nantinya akan menjadi tanggung jawab dimasa yang akan datang.

QULI ALLAAHUMMA MAALIKA ALMULKI TU’TII AL MULKA MAN TASYAAU WATANZI’U ALMULKA MIMMAN TASYAAU WATU’IZZU MAN TASYAAU WATUDZILLU MAN TASYAAU BIYADIKA ALKHAYRU INNAKA ‘ALAA KULLI SYAY-IN QADIIRUN

ARTINYA : Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

 

Merenungkan pentingnya memahami masalah hutang

Momen hutang piutang yang terjadi dalam hidup selalu menyisakan perasaan tidak menentu, bagaimana seseorang yang dipinjam uangnya tentu merasa keberatan kalau lewat masa  yang sudah ditentukan, dan bagaimana orang lain juga tidak akan mau menanggung apa yang bukan tanggung jawabnya untuk membayar hutang.

Oleh sebab itu kita patut berhati-hati kalau sudah menyangkut masalah hutang karena bisa saja itu akan menjerat anggota keluarga terdekat dan orang yang ada disekitar kita. Sehingga harus berhati-hati mengenai masalah hutang memang tidak ada salahnya, sampai akhirnya menemukan solusi dari masalah tersebut supaya tidak berkelanjutan dan apa yang diharapkan mengenai hutang tersebut dapat terbayar dengan cepat dan tidak memberikan beban berkepanjangan dimasa depan.