Doa untuk Menagih Hutang agar Berhasil dan Cepat dibayar

Kadangkala kita merasa kesal apabila ada orang yang mempunyai hutang namun tidak cepat membayar, dengan doa untuk menagih hutang agar berhasil kali ini diharapkan dapat menjadi cara menagih hutang agar cepat dibayar apalagi kalau itu adalah hutang lama dalam jumlah yang banyak namun orang yang memiliki hutang selalu menghindar kalau kita tagih, padahal kalau dilihat dari kondisi ekonomi saat ini dia sangat mampu untuk melunasi hutang tersebut. Yang demikian ini memang membuat kesal dan tidak tenang dalam hati karena kita juga memiliki keperluan yang berkaitan dengan materi, dan sudah pasti kalau dulu saat dia hendak berhutang maka sangat memelas dan meminta pertolongan pada kita. Sedangkan ketika ditagih selalu beralasan dan tidak mengerti sama sekali bahwa kita juga memiliki keperluan untuk membeli ini itu dengan uang tersebut.

Setiap orang pasti pernah mengalami kendala masalah hutang, entah itu kita sebagai orang yang meminjam uang atau kita yang meminjamkan uang tersebut kepada seseorang dan pada saat ditagih dia akan berkelit. Memang akan mudah untuk mencari alasan ketika kita hendak menghindari dari penagihan hutang, namun bukan tidak mungkin kalau suatu saat kita juga akan mengalami kondisi yang sama sehingga ada baiknya kalau kita senantiasa mempedulikan setiap kepentingan dan niat seseorang yang mungkin selama ini sudah menolong saat kita sedang kesusahan.

Kondisi ekonomi dari hari ke hari memang selalu berubah, apalagi untuk orang yang memiliki pekerjaan tidak tetap. Tentu hal ini akan menjadi permasalahan tersendiri kalau kita tidak pandai mengambil langkah antisipasi untuk keadaan paling buruk yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sehingga semua nampak lebih baik kalau kita memperhatikan hal penting tersebut untuk mencapai tujuan sehingga semua yang dilakukan akan berdampak baik dan membawa kebaikan untuk diri sendiri maupun orang lain disekitar kita. Sampai saat ini tentu ada banyak kenangan pahit mengenai hutang yang tidak kunjung lunas maupun meminjamkan uang yang tidak kunjung dilunasi oleh seseorang.

Berikut beberapa kiat saat kita meminjamkan uang pada seseorang:

  1. Dari awal diniatkan untuk menolong seseorang yang memang membutuhkan
  2. Dilandasi rasa percaya pada orang yang meminjam uang kita
  3. Selalu berpikir positif, bahwa suatu saat dia mau dan mampu membayar hutang tersebut
  4. Apabila sudah ditagih namun masih belum dibayar, maka ada baiknya kita memberikan jeda dan memegang omongan orang tersebut sehingga dia punya waktu untuk menyelesaikan tanggung jawab tersebut
  5. Berdoa agar orang tersebut diberikan pekerjaan yang baik sehingga mampu membayar hutang
  6. Mendoakan doa tersebut agar terketuk hatinya kalau memang dia sudah mampu agar segera melunasi hutangnya pada kita
  7. Kalau memang situasi dan kondisi tidak memungkinkan, misalnya orangnya pergi jauh atau meninggal dunia, maka kita harus ikhlas dengan hutang tersebut

Kalau mengingat betapa sulitnya mencari nafkah untuk keluarga dan mencari uang untuk mencukupi kebutuhan, memang terasa pahit dalam hati ketika hal itu dianggap remeh oleh seseorang karena meminjam sesuka hati dan tidak mau membayar hutangnya. Ini akan menjadi sangat berat karena kita bekerja sungguh-sungguh dan berniat menolong namun malah dianggap sepele, hal seperti ini memang memerlukan hati yang besar untuk menerima dan tidak semua orang dapat melakukannya, namun kita selalu ada kesempatan untuk menjadi pribadi yang kuat dan besar sehingga bisa menghadapi segala keadaan tanpa kehilangan kendali untuk tetap berbesar hati pada semua orang.